Seperti yang sedang hangat diberitakan, situs resmi partai Golkar di http://golkar.or.id/ kemarin didefaced oleh salah satu hacker tanah air dan meninggalkan pesan lucuh. Dan tim

golkar-hacked-dlm.jpg

ECHO lewat rilis echo zine ke 18 merilis hasil wawancara ekslusifnya dengan defacer situs tersebut via email (siapa.akyu@yahoo.com)

Berikut hasil wawancaranya (dikutip langsung dari EchoZine 18, download di http://ezine.echo.or.id/)

[ echo|zine, volume 6 issue 18 ]

Interview with Siapakah.akyu@yahoo.com

Brought To You By : echo|staff

[ Pendahuluan ]

Menjelang akhir bulan Maret 2008 ini,dunia Teknologi Informasi indonesia dihebohkan pemberitaan di sahkan nya Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik oleh Dewan Perwakilan Rakyat.

Reaksi yang ditunjukkan dunia IT indonesia sangat beragam,ada pro dan ada juga yang kontra, banyak perdebatan yang terjadi termasuk komentar dibeberapa media oleh seorang yang dijuluki media sebagai pakar Telematika. Tetapi yang menarik disini adalah terjadinya aksi iseng terhadap dua situs Indonesia , yakni situs Departemen Komunikasi dan Informatika Indonesia dan situs Partai Golkar yang kemungkinan dipicu oleh komentar pakar tersebut.

Setelah situs Partai Golkar menjadi korban kedua dalam aksi ini, echo|zine mencoba untuk menghubungi dan melakukan wawancara singkat terhadap pelaku dua aksi tersebut melalui email yang ditinggalkan oleh pelaku didalam situs Partai Golkar dan Depkominfo.

[Interview]

Q: Selamat,anda menjadi pelaku aksi iseng yang pertama kali diwawancarai oleh saya D

Q: Sebelum bertanya lebih jauh,apakah bersedia mengungkapkan identitas anda ? , jika ya .. siapakah anda ?

A: Maaf berjuta-juta maaf, saya tidak bersedia.(nama Drs Suprawoto diambil dari header email yang digunakan oleh “siapakah.akyu@yahoo.com”)

Q: Apa yang menjadi alasan anda untuk melakukan aksi iseng terhadap situs Depkominfo ?

A: Alasan? Saya kira dari pesan yang saya tinggalkan disana sudah cukup jelas alasannya apa. D

Q: Biasanya jika seorang attacker melakukan penyerangan terhadap website, full deface terhadap 1 halaman ,nah mengapa anda hanya memposting gambar dan beberapa kalimat saja dalam situs depkominfo.go.id ?

A: HAHAHA.. biar awet dan adminnya ngga sadar.. D

Q: Sepertinya gambar yang anda posting didalam situs depkominfo itu gambar Roy Suryo , apakah benar ?

A: Ah masa sih anda tidak tau.. :p 68% gambar RS tuh..

Q: Alasan anda menggunakan gambar Roy Suryo ?

A: saya kan fans beratnya RS

Q: Pendapat anda tentang komentar Roy Suryo di media massa ?

A: RS kayanya panas melihat berita seperti itu dan mungkin beliau salah ngomong, masa sih comment dia gitu banget, membawa dendam pribadi. hehehe. kalo kata cincha lawra sih “it’s annoying.. ” hahahaha

Q: OK, sekarang kita beralih ke situs golkar.or.id

Q: Alasan anda untuk melakukan aksi iseng lagi terhadap situs golkar ?

A: iseng aja, om RS ama om mentri kan dari kata2nya nantangin tu.. :p

Q: Apakah karena komentar Roy Suryo kah ?

A: yupez.. om RS n pak mentri yang punya project software antiporn.. :p

Q: Mengapa ada logat cinca lawra didalam pesan tersebut ?

A: saya cuma mencoba mengikuti perkembangan real life, sekali-kali kita masukin humor dikit lah, jangan terlalu serius D jadi yang liat juga ga terlalu panas..

Q: Pendapat anda tentang UU ITE, apakah anda mendukung adanya UU tersebut?

A: Saya mendukung banget selama masih bisa masuk di logika, tapi yang saya liat, UUnya terlalu muluk-muluk, dan banyak yang tidak jelas dan tidak men-detail.:D Menurut saya sih, belum perlu lah para petinggi negara mengurus UU seperti ini.

Q: Anda mengatakan tadi belum perlu, mengapa?

A: Masih banyak hal yang lebih penting dari UU ini, seperti internet murah dan membesarkan bandwith internet di Indonesia. Coba liat deh negara tetangga (Malaysia), bagaimana pemerintahnya bisa nge-push ISP supaya ngasih Internet murah, supaya rakyatnya ngga gaptek. Lucunya pake bilang mau hemat bandwith, emang segede apa sih borosnya bandwith di Indonesia? Keadaan Internet Indonesia aja masih parah, eeh yang beginian diurusin, kayanya sih tu petinggi juga ngga ngerti apa internet deh. Layaknya orang yang membuat UU itu pada zaman batu yang belum ada Internet. kayanya ada udang dibalik batu nih D

Q: Harapan/Saran anda terhadap pemerintah terkait UU ITE ?

A: Ya tolong ditinjau ulang saja kalo bisa ajak dan berunding dengan pakar-pakar, jangan ajak “pakar” IT:D

Q: OK,terima kasih telah bersedia menjadi narasumber kami .

A: sim-sim (warkop DKI style)

[ Penutup ]

Dari wawancara diatas,saya menyimpulkan bahwa aksi tersebut semacam protes terhadap komentar seseorang di beberapa media elektronik. Oh iya,pada aksi yang dilakukan terhadap situs Golkar, Drs Suprawoto (siapakah.akyu@yahoo.com) juga menyatakan bahwa dirinya bukan seorang BLOGGER. Pada kali ini saya berpesan kepada Drs Suprawoto untuk menyudahi aksinya :p, setidaknya aksi yang kedua sudah cukup. Untuk para administrator dan developer yang mengurus kedua situs tersebut,tolong lah dibenahi sistemnya🙂. Sekian dari saya, semoga pada issue selanjutnya kami dapat menampilkan wawancara yang lebih menarik dengan tokoh-tokoh dunia Hacking & Security serta Open Source.

[Catatan]

Untuk info lebih lanjut dan berkomunikasi dengan individu tersebut silahkan anda langsung hubungi “siapakah.akyu@yahoo.com”, interview ini dilakukan melalui email.

*- $e18dot007dottxt – echo|zine – issue#18 – 280308 -*