Genap setengah tahun setelah versi Zencafe 1.2 yang dibebaskan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan (Warnet) Indonesia bulan Agustus 2007 lalu, – pengembang Distro yang khusus dioptimasi untuk Warnet ini, kembali meluncurkan versi terkini Zencafe 1.4.

Zencafe adalah distro Made in Bekasi berskala Internasional, berasal dan resmi terdaftar di kartu keluarga (KK) distro moderen Zenwalk keturunan Slackware dan terkenal ringan, tak gentar ditanamkan di hardware ‘tempo doeloe’ yang banyak ditemukan di warnet-warnet Nusantara.

Zencafe 1.4 menurut siaran pers pengembangnya saudara A. Hardiena, adalah penerus Zencafe 1.2 dengan banyak perbaikan maupun peningkatan. Versi Zencafe terbaru ini memanfaatkan teknologi terakhir dari distribusi induknya Zenwalk dengan versi kernel 2.6.23.12.

Didisain untuk digunakan sebagai ‘Internet Cafe desktop‘, Zencafe disempurnakan dalam segala hal terutama dalam hal kemudahan penggunaannya untuk user awam dan ‘gaptek’ karena tidak memerlukan latar belakang pengatahuan teknis.

Untuk memudahkan pengelolaan warnet, sistem software untuk ‘autorecovery and internet cafe management‘ juga dikemas bersama Zencafe 1.4. Dengan demikian Zencafe boleh mengklaim sebagai distro atau solusi Linux pertama berkiprah Internsaional yang baik digunakan untuk memenuhi kebutuhan ‘internet cafe‘ atau warnet anda.

What’s new?

  • HAL (Hardware Abstraction Layer) hotplug system
  • More webcam support
  • Better Yahoo! Chat tools
  • All new aplication version (at least at this distro packaged)
  • More …

Contoh screenshots-nya bisa kamu lihat di link berikut: http://linux.blogs.ie/screenshots/Bila kamu tertarik untuk mencobanya dan atau menggunakannya di warnet kamu, silakan download dari link berikut ini: ftp://dl2.foss-id.web.id/iso/zencafe/1.4/